Tuesday 5 July 2011

Obat Hati Untuk Ikhwan/Akhwat Yang Patah Hati ^_^

Bismillahirrahmaanirrahim….

IKhwah fillah rahimakumullah, Apa kabar hati-hati kita pada hari ini? Semoga taman-taman hati kita tetap terjaga, iman kita selalu diteguhkan dan jalan kita tetap istiqomahkan oleh Allah Ta’ala hingga akhir hayat nanti. Amin Allahumma Amin…

Betewe, ada yang lagi sedih? Atau ada yang lagi kesel? La Takhaf Wa La Tahzan, Innallaha ma’ana. Jangan takut jangan bersedih, Allah bersama kita. So, yang lagi sedih ditunda dulu sedihnya, dihapus dulu air matanya. Yang kesel, di tahan dulu amarahnya, istighfar dulu sebanyak-banyaknya, trus baca deh tulisan saya sapa tau rasa sedihnya hilang

Patah hati??? Dalam bahasa jawa sering disebut “Broken Heart”. Biasanya dialami oleh ABG, remaja muda-mudi, ikhwan-akhwat, sampai janda-duda juga loh yang disekeliling kita. Saya rasa ga perlu mendefinisikannya secara bahasa arti patah hati sendiri, pasti wawasan kalian lebih luas dari pada saya tentang hal ini, apalagi kalau diantara kalian ada yang pernah mengalaminya (termasuk saya juga, hehe..) yang jelas biasanya patah hati itu terjadi karena bermacam-macam masalah dan beragam sebab. Bisa jadi karena di putusin someone, trus karena cinta yang ga berbalas (kasian kalau yg ini), ga direstuin ortu, diduain, ditigain, dilimain dan seterusnya hehe… Pada kenyataannya sering kita jumpai dampak negatif dari patah hati itu sendiri yang biasanya dialamin ma cewek khususnya seperti bikin ga nafsu makan (bagus buat diet nurunin berat body, hehe) akhirnya timbul penyakit maag akut sampai terpaksa harus diopname di Rumah Sakit (pengalaman pribadi dengan penyakit yang berbeda, hihi), bikin daya tahan tubuh jadi drop gara-gara mikirin si’dia’ mulu (belum tentu yang dipikirin lagi inget sama kita juga), bikin ga produktif alias males, bikin emosi karena tiap ngingat si ‘dia’ jadi bawaannya pengen marah-marah aja, kadang bikin mata bengkak karena nangis terus-terusan apalagi kalo inget kenangan-kenangan bersama si 'dia' waktu nyolong mangga tetangga (xixixi...) dan masih banyak lagi, perilaku-perilaku aneh lainnya. Kalo udah parah banget patah hatinya ada yang sampai mencoba bunuh diri dengan lompat dari lemari (yang ada mah benjol nih, hihi), ada yang nyoba-nyoba pake narkoba sampai akhirnya ketagihan, ada yang awalnya ga kenal rokok sekarang malah jadi perokok berat, ada yang jadi hobi berganti-ganti pasangan, sampai-sampai ada yang stress kaya orang gila. Mengerikan….

Lalu, pertanyaannya kira-kira ada ga ya obat penawar patah hati yang syar’i??? Jawabannya, ada dunk…. Saya pun telah membuktikannya sendiri, Alhamdulillah ampuh dan ga pernah kumat lagi. Bukan mentang-mentang saya kuliah di jurusan kesehatan trus mengkait-kaitkan patah hati dengan kesehatan. Tapi bener, yang namanya penyakit patah hati itu harus dilawan dengan pertahanan diri kita sendiri. Sama saja kita ibaratkan seperti seseorang ketika telah mengalami sakit flu karena virus flu maka, segera orang tersebut mencari obat dan berusaha memulihkan kesehatannya dengan beristirahat. Lalu ketika sudah sembuh, dia tidak ingin lagi donk penyakit flu itu menyerang tubuhnya lagi, otomatis dia harus meningkatkan system imun di dalam tubuhnya. Betul tidak???? (betul... betul... betul...hihi) Begitu pula dengan patah hati, ketika kita sudah merasakan sakit hati, sedih, kesel, bawaannya ga mood, otomatis ketika suatu hari ada kejadian serupa terulang kembali kita tidak ingin hal itu terjadi pada diri kita bukan??? Pasti kita sudah memasang pertahanan pada diri kita dari hal yang dapat membuat kita merasakan sakit hati untuk kesekian kali lagi. Yang jelas rasanya ga enak, buat yang belum pernah patah hati jangan coba-coba deh. hehe...

Trus cara penyembuhannya, selain terapi relaksasi diri (ceilleee bahasanya) juga kudu diobatin tuh. Namanya ‘Obat Hati’ (Kaya lagunya Opick, hehe). Obat hati untuk penawar hati yang lagi patah hati menurut referensi saya adalah sbb:

1. Kalo kamu lagi patah hati, pasti rasanya sedih banget. Tisue-tisue berhamburan, bantal guling kudu dijemur tiap hari karena tiap malem basah air mata hihihi.... So,dari pada sedih-sedih mendingan dibawa rileks, tarik nafas dalem-dalem trus hembuskan perlahan-lahan sambil tersenyum menyebut asma Allah. InshaAllah bikin hati sedikit plong.. Beneran, saya pun sudah membuktikannya. Ini saya ambil dari buku Spiritual Quantum Smile tapi saya lupa pengarangnya siapa. Selain itu ada cara lain yang lebih utama yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mendekatkan diri kepada-Nya sedekat-dekatnya entah itu dengan cara melaksanakan sholat wajib maupun sunnah, berpuasa, berdzikir meyebut Asma-Nya, tadarus Al-Qur’an, bershalawat, pokoknya segala hal yang dapat membuat kita mengingat Allah dan Rasulullah. Pasti hati menjadi tenang dan beban terasa ringan.

"Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan ni`mat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya)”. (QS. An Nahl 81).

Jangan ingat-ingat si ‘dia’ lagi yang udah nyakitin kamu tar pasti jadi sedih lagi. Biarkan dia pergi dalam pengembaraannya, jika memang engkau adalah bidadarinya suatu saat dia pasti akan kembali ke dalam tepian hatimu jua. Tetapi jika engkau bukan bidadarinya maka Allah pasti akan menggantikannya dengan yang lebih baik tanpa kau sangka-sangka. Begitu pula dengan para ikhwan pesannya sama. Tetaplah bertawakal karena skenario Allah itu lebih indah dari yang kalian bayangkan, yang akan kalian sadari sendiri suatu saat nanti...

2. Mengingat kematian (waduh… bahasanya berat nih). Dengan mengingat kematian otomatis kita kembali mengingatkan tujuan utama dari hidup kita. Apa sih yang kita kejar selama ini? Apakah hanya kesenangan dunia sesaat yang pada akhirnya malah menjerumuskan kita ke dalam perbuatan dosa maksiat dan zina? Bagaimana jika seandainya kita meninggal dalam keadaan sedang melakukan maksiat atau sedang berzina? (Na’udzubillahi min zalik) Karena jarak kita dengan kematian itu sangat dekat sekali, hanya berjarak sejengkal dan kita tidak akan pernah tahu kapan giliran kita akan dikunjungi oleh malaikat maut, yang bisa terjadi kapan saja dimana saja (duh.. mukanya jangan tegang gitu donk). Itu sebabnya, kembali kita luruskan niat-niat kita dengan merenungkan kembali tujuan dari hidup kita yang sebenarnya. Mau dibawa kemana kehidupan kita setelah di akhirat? Mau ke syurga atau neraka. Kalau mau di bawa ke syurga sudah-sudah donk melakukan maksiatnya, hentikan perbuatan zinanya mulai dari sekarang, selagi masih ada kesempatan nih... kata orang-orang sebelum 2012 (Nah loh mank 2012 ada apaan coba hehe...) Tapi jangan juga nunggu 2012 baru mau tobatnya. Kalo bisa dari sekarang deh, detik ini, menit ini juga :)

3. Tanamkan rasa syukur dan husnudzon bahwa maksud Allah ini baik. Allah telah menyelamatkan kamu dari perbuatan yang mendekati zina. Seperti firman Allah dalam Al-Qur’an
“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalaha suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang jelek (QS. Al Isra 32)”
Mendekatinya saja sudah tidak boleh apalagi jika melakukannya. Berpikirlah positif, alhamdulillah Allah memberikan ujian di awal-awal yang itu tandanya Allah begitu sayang kepada kalian semua. Allah tidak ingin kalian melampaui batas dan terlibat terlalu jauh dalam perbuatan keji ini. Ambil hikmahnya, jangan pernah menyalahkan diri sendiri tetap berusaha bersabar dan bersyukur.

4. Jangan dengerin lagu-lagu yang melow-melow. Biasanya berpengaruh tuh, yang sedih makin sedih, yang tadinya ga sedih jadi ikutan sedih. Tapi jangan juga dengerin musik keras aliran rock metal nyaring-nyaring, kasian telinga kita (tar malah jadi budek hehe…) di tambah lagi hadiah piring terbang dari tetangga melayang kaya UFO kesana kemari hihihi..... Sudah begitu ga dapet apa-apa, ga dapet ketenangan ga dapet pahala juga, sia-sia kan? Yang di dapet malah emosi yang berlebihan. Music rock juga dapat mempengaruhi tingkat emosional kita loh, jadi harap berhati-hati.

“Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-oranga yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.” (QS Al Kahfi 103-104)

Mending dengerin murottal Qur’an sambil mengahapal ayat-ayat dalam Al-Qur’an InshaALLAH hati terasa teduh, pikiran menjadi tenang, beban yang tadinya terasa berat menjadi ringan, sudah begitu dapat menambah hapalan surat dan pahala pula. Subhanallah… Siapa coba yang ga mau???

5. Berkumpul dengan orang-orang sholeh. Kalo lagi patah hati usahakan jangan menyendiri ya. Ntar muncul keingininan lagi lompat dari lemari (hihihi). Carilah temen-temen sholeh lalu ikut berkumpulbersama meraka. Di jamin deh dengan berkumpul bersama orang-orang sholeh kita dapat terbebas dari yang namanya patah hati. Karena kita selalu diajak dalam berbuat kebaikan, contohnya diajak sholat berjama’ah, diajak ngaji bareng, diajak ikut kajian-kajian ilmu dan sebagainya mengarah ke hal-hal positif. Dan biasanya berdampak pula pada kepribadian kita menjadi lebih sholeh dan sholehah. Jadi ingat ada pepatah bertemanlah kamu dengan penjual minyak wangi maka kamu akan mendapat wanginya juga. Kurang lebih seperti itulah.. (saya lupa soalnya hehe)

6. Mencari kesibukan dengan mengikuti kegiatan yang positif seperti mengikuti ekskul-ekskul di sekolah, organisasi-organisasi islam sesuai syariat di kampus, ikut UKM-UKM yang dapat menyalurkan bakat kita, ngajar di TPA, ngajar les private, ikut bakti sosial, bikin kelompok nasheed, mengikuti kajian-kajian ilmu agama dan sebagainya. Pastinya perhatian kita akan teralihkan hingga kita lupa kalau lagi patah hati, ujung-ujungnya rasa sakit hati akibat patah hati akan menghilang dengan sendirinya.

7. Rihlah atau tafakur alam bersama keluarga atau teman-teman (maksudnya teman akhwat dengan teman akhwat, teman ikhwan dengan teman ikhwan, jangan ampe kebalik loh... Bahaya). Dalam bahasa gaulnya artinya bertamasya atau jalan-jalan ke tempat-tempat yang berhubungan langsung dengan alam misalnya kebun binatang, ke penagkaran hewan, hutan lindung, air terjun dan tempat-tempat lain yang berkaitan dengan alam. Sambil menikmati keindahan alam kita juga bisa sambil merenungkan ciptaan Allah yang meliputi alam semesta yang luas berserta isinya. Dengan bertamasya atau jalan-jalan bisa menghilangkan stress, kejenuhan dan kepenatan. Tapi jalan-jalannya jgn dengan lawan jenis kita yg bukan mahram loh… kalo itu lain lagi ceritanya. Ga boleh… Berbuahaya. Entar malah takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti dimakan buaya.... (apalagi buaya darat, hihihi takut....)

8. Berusaha ikhlas dan tawakal. Bahwa segala sesuatu yang Allah berikan baik itu berupa cobaan dan nikmat, memiliki hikmah dan mudharat untuk kita. InshaAllah, jika kita ikhlas dalam menjalani cobaan ini Allah akan menggantikan dia dengan yang lebih baik dan lebih halal tentunya untuk kamu. Bismillahi tawakaltu ‘alallah.

Mungkin obat hatinya cukup itu dulu. Apabila ada yang ingin menambahkan monggo… dipersilakan, saya malah senang jika bisa saling berbagi dalam hal kebaikan. Buat yang lagi patah hati coba deh obat hati di atas siapa tahu salah satu dari delapan poin itu ada yang manjur bin makbul. Sudah… Sudah… Jangan nangis lagi, jangan manyun gitu cemberut lagi. Jadi jelek tuh mukanya. Tetap tebarkan senyum yang paling indah yang pernah kamu miliki dan bersemangat!!! Don't worry, Innallaha ma’ana... :)

Maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian saya dalam tulisan ini. Namanya juga manusia kadang suka khilaf dan hanya Allah Yang Maha Sempurna. Semoga bermanfaat, diambil yang baiknya aja, yang jeleknya harap ditinggalkan. Jazakumullahu Khairan Katsiran.

123 comments:

  1. terimakasih, tulisannya berisi dan penyampaiannya lucu tak tegang dan membuat senyum2, :)

    ReplyDelete
  2. thanks,,taz berbagi info'y,,,

    ReplyDelete
  3. Teorinya mudah..... Melaksanakannya yg sussssaaaaaah.......!!!!???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetaplah bertawakal karena skenario Allah itu lebih indah dari yang kalian bayangkan, yang akan kalian sadari sendiri suatu saat nanti...

      Delete
    2. Tetaplah bertawakal karena skenario Allah itu lebih indah dari yang kalian bayangkan, yang akan kalian sadari sendiri suatu saat nanti...

      Delete
    3. yaa,saya juga merasakan hal yang sama..
      tapi memang resiko saya, agar bisa indah pada akhirnya....,,saya harus melakukan pengorbanan dan perjuangan..

      Delete
  4. super sangat(artikelnya),,, diatas saya(Rosyi),, tak ada yang susah jika dilakukan dengan benar

    "suatu hal kecil bisa menjadi kekuatan besar jika dilakukan dengan benar"

    ReplyDelete
  5. Subhanalloh, pas bgt ama ane, pacaran 6 taun, udh nawaitu bgt mo nikah, eeh diselingkuhin pas pcrn jarak jauh...

    bismillah... sungguh manfaat... izin kopas beberapa yah untuk status :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga.. sedih bgt.. padahal udh merencanakan masa depan..
      tapi rencana Allah pasti lebih indah.. amiin

      Delete
    2. aduh, hampir sama bgt ama pengalaman ane..bedanya ane pacaran 4 tahun...

      sedih bgt..

      Delete
    3. Sama.. saya jg 4 tahun.

      Delete
  6. Makasihh bgd ya kak....
    Aquw rasa kakak bener...
    Allah tau apa yg tbaik utk hamba.A...
    dan Allah gag mw qt tjerumus lebih dalam...
    sem0ga Allah memberi.quww orang yg lebii baik lagii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tahnk`s info nya jajakallah hu fiik,,

      Delete
    2. Aamiin... tetap semangat..
      percaya dan yakin pada Allah..
      belajar memantaskan diri aja kepada siapa yg ingin dipantaskan..
      yg pastinya harus pilihan yg lebih baik lagi dan mendekatkan diri kepada Allah :)

      Delete
  7. makasih mga bisa ngobatin hati kuyg terluka ini

    ReplyDelete
  8. makasih banyak saran da solusi ny....

    ReplyDelete
  9. Ijin copas min...

    ReplyDelete
  10. mksh mbak atas infonya :)

    ReplyDelete
  11. Makasih mbak,,, alhamdulillah dapet ilmunya

    ReplyDelete
  12. makasih ya mbak,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  13. syukron ya diaz..
    aku juga di medan..
    kamu kuliah dimana ? ;)

    ReplyDelete
  14. Sangat menyentuh hati,makasih ea...



    x:bukan galang yg pasti manusia dan ganteng juga hehehe

    ReplyDelete
  15. Terima kasih,alhamdulilah stlh bca tulisan dan mngamalkannya hati jdi tenang ,nice

    ReplyDelete
  16. mksh y artkelna,Inswa Allah brmanfaat,khsusna sy,yg lg pth hti

    ReplyDelete
  17. ya,kamu benar...tks

    ReplyDelete
  18. hhmmm, bismillah.. bisa :)
    makasih ya ukhti :)
    btw, saya share ke yang lain boleh?

    ReplyDelete
  19. lucu ya...tapi boleh juga hihhi thanks ya

    ReplyDelete
  20. Subhanallah. .. . ..


    Sudah agak tenang setelah baca..

    Thankz iah

    ReplyDelete
  21. Artikel kamu bagus mbak bikin orang senyum yang lagi patah hati jadi terobati,apalagi mengamalkan insy Allah pasti ampuh,kalau benar2 diamalkan.tq

    ReplyDelete
  22. gk bs coment
    hanya bs mengucapkan terima kasih stulus hati ini yg merugi

    ReplyDelete
  23. gk da kata lain
    hnya ucapan trima kasih dri hati yg merugi

    ReplyDelete
  24. Jazakumullah ya ukhty..nasehatmu menenangkan hatiku..

    ReplyDelete
  25. tulisan yang sangat bermanfaat. jadi bikin kita sadar bhwa ga seharusnya kita sakit hati yg g ada manfaatny. terima kasih :)

    ReplyDelete
  26. tulisan yang sangat bermanfaat. jadi bikin kita sadar bhwa ga seharusnya kita sakit hati yg g ada manfaatny. terima kasih :)

    ReplyDelete
  27. Tetaplah bertawakal karena skenario Allah itu lebih indah dari yang kalian bayangkan, yang akan kalian sadari sendiri suatu saat nanti...

    sukron

    ReplyDelete
  28. terimkasih admin, tulisan anda membuka hati saya jauh lebih lebar dari pemahaman saya selama ini. Skenario Allah pasti akan lebih indah

    ReplyDelete
  29. terima ksih artikelnya,,,,,
    membuat ane agak lega ,,,,

    ReplyDelete
  30. Tulisannya bermanfaat buat saya yang cintanya tak berbalas. Makasih artikelnya.. Lanjutkan untuk tetap menulis dan produktif

    ReplyDelete
  31. suKron katsir ya ukhtii ...
    isi artikelnya sangat bagus sekali dan lucu. pasti akan bermanfaat bagi semua makhluk yang sedang dilanda kegalauan (masih musim yah kata "GALAU"??)

    ReplyDelete
  32. Saya masih bingung sebenarnya kita kan disuruh untuk tidak putus asa dalam berusaha,,ketika kita mengalami patah hati apakah kita harus tetap berusaha untuk mendapatkan nya atau bagaimana? bukankah jodoh itu kita tidak tahu,dan selama belum menikah adalah kita berhak untuk berikhtiar walaupun kepada orang yang telah menolak kita. dan Allah bisa membolak balikkan hati seseorang. Ada yang punya jawaban?

    ReplyDelete
  33. maksih gan.... ane baru aje ngalamin hal yg pernah ku bayangin sebelumnya.... gue di bohongin bukan lagi seorang pacar tapi seorang istri.... gimana nantinya pertanggung jawaban gue sebagai seorang suami kelak di akhirat,

    ReplyDelete
  34. maksih gan.... ane baru aje ngalamin hal yg pernah ku bayangin sebelumnya.... gue di bohongin bukan lagi seorang pacar tapi seorang istri.... gimana nantinya pertanggung jawaban gue sebagai seorang suami kelak di akhirat,

    ReplyDelete
  35. Makasih., artikel ini bagus bgt.,
    benar sekali., satit hati itu rasanya sakit luar biasa.,efeknya mengganggu kuliahku smpe 2 thun., smpai akhirnya Allah yg buat aku sadar., gk ada yg perlu diperjuangkan lagi,cinta yg salah n terpuruk. cinta sejati krena Allah, n InsyaAllah gak akn menyakitkan., masa depan harus diraih., Allah memberikan hidup bkan untuk ''meratapi cinta''.,Allah memberikan hidup karena Allah mencintai kita.,n cinta kita pada-Nya

    ReplyDelete
  36. AssaLamuaLaikum.
    Izin ambiL backsoundnya ya.

    ReplyDelete
  37. terima kasih mbak... pas dengan suasana hati saya saat ini...

    ReplyDelete
  38. ku serahkan semuanya pd alloh, karena rencananya lebih indah.

    ReplyDelete
  39. insyaallah sy bisa makasih ia ^_^

    ReplyDelete
  40. insyaallh saya bisa, mkasih ia ^_^

    ReplyDelete
  41. Astaghfirullah hal adzim.... (buknx ane pernah bermaksiat ya.. -_- ) hhmhmhm hanya saja saya heran, semua point d'atas emang benar & bagus2 semua, tapi kenapa ya h*ti ini msih terasa tersiksa, padahal semua point d'atas sudah di coba, andai aku bisa seperti teman2 sekalian, yang bisa tiba2 merasa lapang setelah baca obat2an yang tadi

    ReplyDelete
  42. Astaghfirullah hal adzim.... (buknx ane pernah bermaksiat ya.. -_- ) hhmhmhm hanya saja saya heran, semua point d'atas emang benar & bagus2 semua, tapi kenapa ya h*ti ini msih terasa tersiksa, padahal semua point d'atas sudah di coba, andai aku bisa seperti teman2 sekalian, yang bisa tiba2 merasa lapang setelah baca obat2an yang tadi

    ReplyDelete
  43. luar biasa..insyaallah brmanfaat

    ReplyDelete
  44. saya kesulitan mengikhlaskan si dia, ada yg bisa kasih arahan,? jazakumulloh,,

    ReplyDelete
  45. smw yg comen kan kbnyakan udh prnah ngalamin patah hati..knapa kita gk saling mncoba mngobati aja..sapa tau ada yg cocok..ya nggkk....??heheh..:-)

    ReplyDelete
  46. tulisan yang anda tuliskan bermanfaat, namun bagaimana melakukan hal tersebut diatas... ketika dalam doa kita berhajat dan berpasrah... disatu sisi kita berhajat/berkeinginan namun disisi lain kita berpasrah.... kedua hal tersebut terkadang membuat hati bimbang ketika melakukan keikhlasan dengan kepasrahan sepenuhnya... mohon pencerahannya.... ane cuman nubie gan

    ReplyDelete
  47. bner bgt...
    bermanfaat sekali ni...
    mnambah smangat hdup...!!!!

    ReplyDelete
  48. alhamdulillah.. makasih teman :)

    ReplyDelete
  49. Subhanallah....bermanfaat luar biasa... :)

    ReplyDelete
  50. Subhanallah.....bermanfaat sekali :) terimakasih banyakkk

    ReplyDelete
  51. menarik.........
    untung sempat kebaca.... hampir bunuh diri sya hhhmmmm...... allhamdulilah.. sya sadar skrg mu perbaiki semu kesalahn sya.

    ReplyDelete
  52. Artikelnya bagus, bertahan mulai dari tahun 2010..cukup menambah semangat agar bisa lebih baik..
    makasi nasehatnya ukh..
    bismillah, saya coba semangat lagi...:)

    ReplyDelete
  53. Bagus artikelnya :)
    terima kasih banyak ..
    semangat lagi :)

    ReplyDelete
  54. Semangat lagi karena Allah ,
    Allah lebih tau yang terbaik buat saya :')
    Alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  55. aku tau rasanya memperjuangkan cinta... sakit hati memang bisa bikin terpukul banget, tapi dari situlah kita harus sadar dan belajar... Allah telah memberikan petunjukNya, mana yang diijinkan dan mana yang tidak diijinkanNya..
    melihat kejadian sebagai pengalaman, dan pembelajaran.. bukan untuk saat ini tetapi untuk dikemudian hari.. bahwa Allah telah menyaadarkan bahwa sesuatu itu apabila diteruskan maka akan menjadi hal yang buruk bagi kita yang tidak menyadarinya..

    terima kasih artikelnya. :) pembuka pikiran banget buat aku.. :D

    ReplyDelete
  56. Subhanallah .. Cerita ny bagus lucu lg .. Setidak nya hati ane uda agaan sembuh nih .. Walaupun masih sulit tuk bisa melupakanya.. Jjajakalhu khiran

    ReplyDelete
  57. Alhamdulillah bermanfaat sekali isi artikelnya. Terimakasih

    ReplyDelete
  58. Masya Allah, bagus sekali artikelnya. Cocok banget nih sm keadaan ane yg bentar lg mau ditinggal sekolah ke negeri entah berantah

    ReplyDelete
  59. Masha Allah.. nangis sambil ketawa sy baca

    ReplyDelete
  60. tapi susah ngelupainnya apalagi sekelas, tiap hari liat. dia dket2 sama temen2 lain aja udh buat saya cemburu pdahal saya bukan siapa2nya... dia msih nganggep saya teman biarpun sdh tdk sedekt dlu lagi karna dia sdh punya pacar / gebetan mungkin.

    solusinya gimana biar saya cepet ngilangin perasan saya?

    ReplyDelete
  61. rismaeaty @gmail.com9 February 2015 at 11:06

    Obat patah hati adlh waktu

    ReplyDelete
  62. Susah banget dijalaninnya.. udah dicoba tapi ujung2nya keinget lagi.. :'(

    ReplyDelete
  63. Hari ini hari pertama kali ngerasaain patah hati, rasanya hancur, sakit, sampai terfikirkan bunuh diri.. Semua masa depan yang sudah saya impikan dan selalu ada didalam doa saya hancur semuanya.. Setidaknya artikel ini dapat membantu saya menenangkan hati.. Terimakasih admin

    ReplyDelete
  64. Terimakasih atas motifasi dan nasehat dalam tulisan nya :)

    ReplyDelete
  65. Terimakasih, sangat bermanfaat, membuat saya terpacu untuk berbuat hal yg positif, dengan humor yg menghibur dan itulah kenapa dalam Islam tidak ada yg namanya pacaran

    ReplyDelete
  66. Subbahannallah indahnya berbagi.

    ReplyDelete
  67. Bismillah
    terima kasih artikel nya, pasti saya coba
    semoga bisa buat saya lebih baik untuk masa depan

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  68. Assalamu'alaikum. Gw betul galaw pasrah ditggal istri selamalamany 3 bln lalu. Ini mulai mau mndekti akhwat yg gw cintai gmn langkah pstinya scara syar'i tntunya agar dtrima .dia gadis aku duda. Sdangkn ortuny kenal gw .mrka kaya q mskin latar pnddkn tggi tapi gadis ini umurnya hnya selisih dkit aama q . gmana solusi? istikharoh sudah doa sudah dan ternyata rasany bgitu seseorang jatuh cinta. Hny stu hal yg belum .yaitu ungkapan rasa ini . terus kesiapa ortuny ataw akhwatny? Tolong kasih aku masukan agar plong dan nggak galaw? !! Thanks

    ReplyDelete
  69. Okey coy aku lg jatuh cinta tp apa gw dtrima ya.

    ReplyDelete
  70. MasyaAllah trimakasih
    Artikel yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  71. Alhamdulillah, sangat bermanfaat sekali...terimakasih

    ReplyDelete
  72. Panduan dapet jodoh dari pengelaman karna ditinggal kawin...

    1.Siapkan diri,
    2.Berdoa selalu
    3.kenali tanda jodoh dari Allah swt
    4.Taaruf/kenalan islami
    5.lamaran
    6.KLO JODOHHHH, kawin dehhhh hehehee
    7.Cinta harus halal!!!

    #baru bnget mao ditinggal kawin, moga dilapangkan hati ini :D

    ReplyDelete
  73. Terima Kasih atas artikelnya yang nendang banget.. :)

    ReplyDelete
  74. SabhaNallah... Terimakasih banyak, semoga amal ibadah ukhty diterima disisinya... amin :D

    ReplyDelete
  75. Subhanallah... Terimakasih, Semoga amal ibadahnya samean diterima disisi-Nya amin.

    ReplyDelete
  76. Makasih admin saya lgi nyoba juga.

    ReplyDelete
  77. Artikelnya bagus sekali. saya lagi mengalaminya. saya baru saja putus dari pacar saya, ceritalah ke teman yg saya anggap bisa membantu saya dalam urusan saya ini. harapan bisa kembali ke pacar saya, ternyata yg saya dapat penghianatan dari teman saya sendiri. ironis...saya bingung harus bagaimana? rasa kecewa dan amarah sudah campur jadi 1. saya menggunakan obat hati seperti yg ada di lagu Opick "Tombo Ati". Alhamdulillah...sudah mendingan luka hatinya, meski terkadang harus kalah dengan air mata. karena setiap hari harus melihat penghianatan teman saya dan kecewanya saya ke pacar saya itu, karena kami 1 kantor :'(. saya yakin Allah maha adil seadil-adilnya.

    ReplyDelete
  78. Sangan memotivasi, membuat pikiran menjadi terbuka.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  79. sya bru ditgl nikah, dy djodohn, tp ak siap bwa lari dia, krna tiba2 undangan sudah dibuat, tapi sampe hari h dy tetap jalanin perntah org tuany, apa obatnya?

    ReplyDelete
  80. Bagus euy, bikin rilex bacanya juga ��

    ReplyDelete
  81. Bagus pisan euy, buat hati menjadi rilex
    Hatur nuhun

    ReplyDelete
  82. Alhamdulillah... Terima kasih :')

    ReplyDelete
  83. Sangat memotivasi dan menghibur.. Kalo di artikel itu ada pembahasan tentang lompat dari lemari, gara2 ni artikel saking lucu nya bikin jatoh dari tempat tidur.. Benjol juga nih 😂

    ReplyDelete
  84. Makasih banget kak atas masukannya, saya merasa sedikit tenang dan terhibur dengan tulisan ini🙏

    ReplyDelete
  85. Makasih atas motivasi nya kak😃sebenar nya saya patah hati bukan karna pacar tpi saya patah hati karna teman wanita yg dekat kali sampai ngak mau kehilangan nya dan saya sudah buat hati nya sakit 😞

    ReplyDelete
  86. Terima kasih artikelnya, sy ikhlaskan dia karna Allah SWT

    ReplyDelete