Senin, 04 Juli 2011

Obat Hati Untuk Ikhwan/Akhwat Yang Patah Hati ^_^

Bismillahirrahmaanirrahim….

IKhwah fillah rahimakumullah, Apa kabar hati-hati kita pada hari ini? Semoga taman-taman hati kita tetap terjaga, iman kita selalu diteguhkan dan jalan kita tetap istiqomahkan oleh Allah Ta’ala hingga akhir hayat nanti. Amin Allahumma Amin…

Betewe, ada yang lagi sedih? Atau ada yang lagi kesel? La Takhaf Wa La Tahzan, Innallaha ma’ana. Jangan takut jangan bersedih, Allah bersama kita. So, yang lagi sedih ditunda dulu sedihnya, dihapus dulu air matanya. Yang kesel, di tahan dulu amarahnya, istighfar dulu sebanyak-banyaknya, trus baca deh tulisan saya sapa tau rasa sedihnya hilang

Patah hati??? Dalam bahasa jawa sering disebut “Broken Heart”. Biasanya dialami oleh ABG, remaja muda-mudi, ikhwan-akhwat, sampai janda-duda juga loh yang disekeliling kita. Saya rasa ga perlu mendefinisikannya secara bahasa arti patah hati sendiri, pasti wawasan kalian lebih luas dari pada saya tentang hal ini, apalagi kalau diantara kalian ada yang pernah mengalaminya (termasuk saya juga, hehe..) yang jelas biasanya patah hati itu terjadi karena bermacam-macam masalah dan beragam sebab. Bisa jadi karena di putusin someone, trus karena cinta yang ga berbalas (kasian kalau yg ini), ga direstuin ortu, diduain, ditigain, dilimain dan seterusnya hehe… Pada kenyataannya sering kita jumpai dampak negatif dari patah hati itu sendiri yang biasanya dialamin ma cewek khususnya seperti bikin ga nafsu makan (bagus buat diet nurunin berat body, hehe) akhirnya timbul penyakit maag akut sampai terpaksa harus diopname di Rumah Sakit (pengalaman pribadi dengan penyakit yang berbeda, hihi), bikin daya tahan tubuh jadi drop gara-gara mikirin si’dia’ mulu (belum tentu yang dipikirin lagi inget sama kita juga), bikin ga produktif alias males, bikin emosi karena tiap ngingat si ‘dia’ jadi bawaannya pengen marah-marah aja, kadang bikin mata bengkak karena nangis terus-terusan apalagi kalo inget kenangan-kenangan bersama si 'dia' waktu nyolong mangga tetangga (xixixi...) dan masih banyak lagi, perilaku-perilaku aneh lainnya. Kalo udah parah banget patah hatinya ada yang sampai mencoba bunuh diri dengan lompat dari lemari (yang ada mah benjol nih, hihi), ada yang nyoba-nyoba pake narkoba sampai akhirnya ketagihan, ada yang awalnya ga kenal rokok sekarang malah jadi perokok berat, ada yang jadi hobi berganti-ganti pasangan, sampai-sampai ada yang stress kaya orang gila. Mengerikan….

Lalu, pertanyaannya kira-kira ada ga ya obat penawar patah hati yang syar’i??? Jawabannya, ada dunk…. Saya pun telah membuktikannya sendiri, Alhamdulillah ampuh dan ga pernah kumat lagi. Bukan mentang-mentang saya kuliah di jurusan kesehatan trus mengkait-kaitkan patah hati dengan kesehatan. Tapi bener, yang namanya penyakit patah hati itu harus dilawan dengan pertahanan diri kita sendiri. Sama saja kita ibaratkan seperti seseorang ketika telah mengalami sakit flu karena virus flu maka, segera orang tersebut mencari obat dan berusaha memulihkan kesehatannya dengan beristirahat. Lalu ketika sudah sembuh, dia tidak ingin lagi donk penyakit flu itu menyerang tubuhnya lagi, otomatis dia harus meningkatkan system imun di dalam tubuhnya. Betul tidak???? (betul... betul... betul...hihi) Begitu pula dengan patah hati, ketika kita sudah merasakan sakit hati, sedih, kesel, bawaannya ga mood, otomatis ketika suatu hari ada kejadian serupa terulang kembali kita tidak ingin hal itu terjadi pada diri kita bukan??? Pasti kita sudah memasang pertahanan pada diri kita dari hal yang dapat membuat kita merasakan sakit hati untuk kesekian kali lagi. Yang jelas rasanya ga enak, buat yang belum pernah patah hati jangan coba-coba deh. hehe...

Trus cara penyembuhannya, selain terapi relaksasi diri (ceilleee bahasanya) juga kudu diobatin tuh. Namanya ‘Obat Hati’ (Kaya lagunya Opick, hehe). Obat hati untuk penawar hati yang lagi patah hati menurut referensi saya adalah sbb:

1. Kalo kamu lagi patah hati, pasti rasanya sedih banget. Tisue-tisue berhamburan, bantal guling kudu dijemur tiap hari karena tiap malem basah air mata hihihi.... So,dari pada sedih-sedih mendingan dibawa rileks, tarik nafas dalem-dalem trus hembuskan perlahan-lahan sambil tersenyum menyebut asma Allah. InshaAllah bikin hati sedikit plong.. Beneran, saya pun sudah membuktikannya. Ini saya ambil dari buku Spiritual Quantum Smile tapi saya lupa pengarangnya siapa. Selain itu ada cara lain yang lebih utama yang bisa dilakukan yaitu dengan cara mendekatkan diri kepada-Nya sedekat-dekatnya entah itu dengan cara melaksanakan sholat wajib maupun sunnah, berpuasa, berdzikir meyebut Asma-Nya, tadarus Al-Qur’an, bershalawat, pokoknya segala hal yang dapat membuat kita mengingat Allah dan Rasulullah. Pasti hati menjadi tenang dan beban terasa ringan.

"Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan ni`mat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya)”. (QS. An Nahl 81).

Jangan ingat-ingat si ‘dia’ lagi yang udah nyakitin kamu tar pasti jadi sedih lagi. Biarkan dia pergi dalam pengembaraannya, jika memang engkau adalah bidadarinya suatu saat dia pasti akan kembali ke dalam tepian hatimu jua. Tetapi jika engkau bukan bidadarinya maka Allah pasti akan menggantikannya dengan yang lebih baik tanpa kau sangka-sangka. Begitu pula dengan para ikhwan pesannya sama. Tetaplah bertawakal karena skenario Allah itu lebih indah dari yang kalian bayangkan, yang akan kalian sadari sendiri suatu saat nanti...

2. Mengingat kematian (waduh… bahasanya berat nih). Dengan mengingat kematian otomatis kita kembali mengingatkan tujuan utama dari hidup kita. Apa sih yang kita kejar selama ini? Apakah hanya kesenangan dunia sesaat yang pada akhirnya malah menjerumuskan kita ke dalam perbuatan dosa maksiat dan zina? Bagaimana jika seandainya kita meninggal dalam keadaan sedang melakukan maksiat atau sedang berzina? (Na’udzubillahi min zalik) Karena jarak kita dengan kematian itu sangat dekat sekali, hanya berjarak sejengkal dan kita tidak akan pernah tahu kapan giliran kita akan dikunjungi oleh malaikat maut, yang bisa terjadi kapan saja dimana saja (duh.. mukanya jangan tegang gitu donk). Itu sebabnya, kembali kita luruskan niat-niat kita dengan merenungkan kembali tujuan dari hidup kita yang sebenarnya. Mau dibawa kemana kehidupan kita setelah di akhirat? Mau ke syurga atau neraka. Kalau mau di bawa ke syurga sudah-sudah donk melakukan maksiatnya, hentikan perbuatan zinanya mulai dari sekarang, selagi masih ada kesempatan nih... kata orang-orang sebelum 2012 (Nah loh mank 2012 ada apaan coba hehe...) Tapi jangan juga nunggu 2012 baru mau tobatnya. Kalo bisa dari sekarang deh, detik ini, menit ini juga :)

3. Tanamkan rasa syukur dan husnudzon bahwa maksud Allah ini baik. Allah telah menyelamatkan kamu dari perbuatan yang mendekati zina. Seperti firman Allah dalam Al-Qur’an
“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalaha suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang jelek (QS. Al Isra 32)”
Mendekatinya saja sudah tidak boleh apalagi jika melakukannya. Berpikirlah positif, alhamdulillah Allah memberikan ujian di awal-awal yang itu tandanya Allah begitu sayang kepada kalian semua. Allah tidak ingin kalian melampaui batas dan terlibat terlalu jauh dalam perbuatan keji ini. Ambil hikmahnya, jangan pernah menyalahkan diri sendiri tetap berusaha bersabar dan bersyukur.

4. Jangan dengerin lagu-lagu yang melow-melow. Biasanya berpengaruh tuh, yang sedih makin sedih, yang tadinya ga sedih jadi ikutan sedih. Tapi jangan juga dengerin musik keras aliran rock metal nyaring-nyaring, kasian telinga kita (tar malah jadi budek hehe…) di tambah lagi hadiah piring terbang dari tetangga melayang kaya UFO kesana kemari hihihi..... Sudah begitu ga dapet apa-apa, ga dapet ketenangan ga dapet pahala juga, sia-sia kan? Yang di dapet malah emosi yang berlebihan. Music rock juga dapat mempengaruhi tingkat emosional kita loh, jadi harap berhati-hati.

“Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?” Yaitu orang-oranga yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.” (QS Al Kahfi 103-104)

Mending dengerin murottal Qur’an sambil mengahapal ayat-ayat dalam Al-Qur’an InshaALLAH hati terasa teduh, pikiran menjadi tenang, beban yang tadinya terasa berat menjadi ringan, sudah begitu dapat menambah hapalan surat dan pahala pula. Subhanallah… Siapa coba yang ga mau???

5. Berkumpul dengan orang-orang sholeh. Kalo lagi patah hati usahakan jangan menyendiri ya. Ntar muncul keingininan lagi lompat dari lemari (hihihi). Carilah temen-temen sholeh lalu ikut berkumpulbersama meraka. Di jamin deh dengan berkumpul bersama orang-orang sholeh kita dapat terbebas dari yang namanya patah hati. Karena kita selalu diajak dalam berbuat kebaikan, contohnya diajak sholat berjama’ah, diajak ngaji bareng, diajak ikut kajian-kajian ilmu dan sebagainya mengarah ke hal-hal positif. Dan biasanya berdampak pula pada kepribadian kita menjadi lebih sholeh dan sholehah. Jadi ingat ada pepatah bertemanlah kamu dengan penjual minyak wangi maka kamu akan mendapat wanginya juga. Kurang lebih seperti itulah.. (saya lupa soalnya hehe)

6. Mencari kesibukan dengan mengikuti kegiatan yang positif seperti mengikuti ekskul-ekskul di sekolah, organisasi-organisasi islam sesuai syariat di kampus, ikut UKM-UKM yang dapat menyalurkan bakat kita, ngajar di TPA, ngajar les private, ikut bakti sosial, bikin kelompok nasheed, mengikuti kajian-kajian ilmu agama dan sebagainya. Pastinya perhatian kita akan teralihkan hingga kita lupa kalau lagi patah hati, ujung-ujungnya rasa sakit hati akibat patah hati akan menghilang dengan sendirinya.

7. Rihlah atau tafakur alam bersama keluarga atau teman-teman (maksudnya teman akhwat dengan teman akhwat, teman ikhwan dengan teman ikhwan, jangan ampe kebalik loh... Bahaya). Dalam bahasa gaulnya artinya bertamasya atau jalan-jalan ke tempat-tempat yang berhubungan langsung dengan alam misalnya kebun binatang, ke penagkaran hewan, hutan lindung, air terjun dan tempat-tempat lain yang berkaitan dengan alam. Sambil menikmati keindahan alam kita juga bisa sambil merenungkan ciptaan Allah yang meliputi alam semesta yang luas berserta isinya. Dengan bertamasya atau jalan-jalan bisa menghilangkan stress, kejenuhan dan kepenatan. Tapi jalan-jalannya jgn dengan lawan jenis kita yg bukan mahram loh… kalo itu lain lagi ceritanya. Ga boleh… Berbuahaya. Entar malah takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti dimakan buaya.... (apalagi buaya darat, hihihi takut....)

8. Berusaha ikhlas dan tawakal. Bahwa segala sesuatu yang Allah berikan baik itu berupa cobaan dan nikmat, memiliki hikmah dan mudharat untuk kita. InshaAllah, jika kita ikhlas dalam menjalani cobaan ini Allah akan menggantikan dia dengan yang lebih baik dan lebih halal tentunya untuk kamu. Bismillahi tawakaltu ‘alallah.

Mungkin obat hatinya cukup itu dulu. Apabila ada yang ingin menambahkan monggo… dipersilakan, saya malah senang jika bisa saling berbagi dalam hal kebaikan. Buat yang lagi patah hati coba deh obat hati di atas siapa tahu salah satu dari delapan poin itu ada yang manjur bin makbul. Sudah… Sudah… Jangan nangis lagi, jangan manyun gitu cemberut lagi. Jadi jelek tuh mukanya. Tetap tebarkan senyum yang paling indah yang pernah kamu miliki dan bersemangat!!! Don't worry, Innallaha ma’ana... :)

Maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian saya dalam tulisan ini. Namanya juga manusia kadang suka khilaf dan hanya Allah Yang Maha Sempurna. Semoga bermanfaat, diambil yang baiknya aja, yang jeleknya harap ditinggalkan. Jazakumullahu Khairan Katsiran.

82 komentar:

  1. terimakasih, tulisannya berisi dan penyampaiannya lucu tak tegang dan membuat senyum2, :)

    BalasHapus
  2. thanks,,taz berbagi info'y,,,

    BalasHapus
  3. Teorinya mudah..... Melaksanakannya yg sussssaaaaaah.......!!!!???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetaplah bertawakal karena skenario Allah itu lebih indah dari yang kalian bayangkan, yang akan kalian sadari sendiri suatu saat nanti...

      Hapus
    2. Tetaplah bertawakal karena skenario Allah itu lebih indah dari yang kalian bayangkan, yang akan kalian sadari sendiri suatu saat nanti...

      Hapus
    3. yaa,saya juga merasakan hal yang sama..
      tapi memang resiko saya, agar bisa indah pada akhirnya....,,saya harus melakukan pengorbanan dan perjuangan..

      Hapus
  4. super sangat(artikelnya),,, diatas saya(Rosyi),, tak ada yang susah jika dilakukan dengan benar

    "suatu hal kecil bisa menjadi kekuatan besar jika dilakukan dengan benar"

    BalasHapus
  5. Subhanalloh, pas bgt ama ane, pacaran 6 taun, udh nawaitu bgt mo nikah, eeh diselingkuhin pas pcrn jarak jauh...

    bismillah... sungguh manfaat... izin kopas beberapa yah untuk status :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga.. sedih bgt.. padahal udh merencanakan masa depan..
      tapi rencana Allah pasti lebih indah.. amiin

      Hapus
    2. aduh, hampir sama bgt ama pengalaman ane..bedanya ane pacaran 4 tahun...

      sedih bgt..

      Hapus
  6. Makasihh bgd ya kak....
    Aquw rasa kakak bener...
    Allah tau apa yg tbaik utk hamba.A...
    dan Allah gag mw qt tjerumus lebih dalam...
    sem0ga Allah memberi.quww orang yg lebii baik lagii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahnk`s info nya jajakallah hu fiik,,

      Hapus
  7. makasih mga bisa ngobatin hati kuyg terluka ini

    BalasHapus
  8. makasih banyak saran da solusi ny....

    BalasHapus
  9. Ijin copas min...

    BalasHapus
  10. mksh mbak atas infonya :)

    BalasHapus
  11. Makasih mbak,,, alhamdulillah dapet ilmunya

    BalasHapus
  12. makasih ya mbak,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  13. syukron ya diaz..
    aku juga di medan..
    kamu kuliah dimana ? ;)

    BalasHapus
  14. Sangat menyentuh hati,makasih ea...



    x:bukan galang yg pasti manusia dan ganteng juga hehehe

    BalasHapus
  15. Masrifah anshari10 November 2012 00.20

    Syukron

    BalasHapus
  16. Terima kasih,alhamdulilah stlh bca tulisan dan mngamalkannya hati jdi tenang ,nice

    BalasHapus
  17. mksh y artkelna,Inswa Allah brmanfaat,khsusna sy,yg lg pth hti

    BalasHapus
  18. ya,kamu benar...tks

    BalasHapus
  19. hhmmm, bismillah.. bisa :)
    makasih ya ukhti :)
    btw, saya share ke yang lain boleh?

    BalasHapus
  20. lucu ya...tapi boleh juga hihhi thanks ya

    BalasHapus
  21. Subhanallah. .. . ..


    Sudah agak tenang setelah baca..

    Thankz iah

    BalasHapus
  22. Artikel kamu bagus mbak bikin orang senyum yang lagi patah hati jadi terobati,apalagi mengamalkan insy Allah pasti ampuh,kalau benar2 diamalkan.tq

    BalasHapus
  23. ahmad aly luhfi7 Desember 2012 13.26

    gk bs coment
    hanya bs mengucapkan terima kasih stulus hati ini yg merugi

    BalasHapus
  24. ahmad aly luhfi7 Desember 2012 13.27

    gk da kata lain
    hnya ucapan trima kasih dri hati yg merugi

    BalasHapus
  25. Jazakumullah ya ukhty..nasehatmu menenangkan hatiku..

    BalasHapus
  26. tulisan yang sangat bermanfaat. jadi bikin kita sadar bhwa ga seharusnya kita sakit hati yg g ada manfaatny. terima kasih :)

    BalasHapus
  27. tulisan yang sangat bermanfaat. jadi bikin kita sadar bhwa ga seharusnya kita sakit hati yg g ada manfaatny. terima kasih :)

    BalasHapus
  28. Tetaplah bertawakal karena skenario Allah itu lebih indah dari yang kalian bayangkan, yang akan kalian sadari sendiri suatu saat nanti...

    sukron

    BalasHapus
  29. terimkasih admin, tulisan anda membuka hati saya jauh lebih lebar dari pemahaman saya selama ini. Skenario Allah pasti akan lebih indah

    BalasHapus
  30. terima ksih artikelnya,,,,,
    membuat ane agak lega ,,,,

    BalasHapus
  31. Tulisannya bermanfaat buat saya yang cintanya tak berbalas. Makasih artikelnya.. Lanjutkan untuk tetap menulis dan produktif

    BalasHapus
  32. suKron katsir ya ukhtii ...
    isi artikelnya sangat bagus sekali dan lucu. pasti akan bermanfaat bagi semua makhluk yang sedang dilanda kegalauan (masih musim yah kata "GALAU"??)

    BalasHapus
  33. Saya masih bingung sebenarnya kita kan disuruh untuk tidak putus asa dalam berusaha,,ketika kita mengalami patah hati apakah kita harus tetap berusaha untuk mendapatkan nya atau bagaimana? bukankah jodoh itu kita tidak tahu,dan selama belum menikah adalah kita berhak untuk berikhtiar walaupun kepada orang yang telah menolak kita. dan Allah bisa membolak balikkan hati seseorang. Ada yang punya jawaban?

    BalasHapus
  34. maksih gan.... ane baru aje ngalamin hal yg pernah ku bayangin sebelumnya.... gue di bohongin bukan lagi seorang pacar tapi seorang istri.... gimana nantinya pertanggung jawaban gue sebagai seorang suami kelak di akhirat,

    BalasHapus
  35. maksih gan.... ane baru aje ngalamin hal yg pernah ku bayangin sebelumnya.... gue di bohongin bukan lagi seorang pacar tapi seorang istri.... gimana nantinya pertanggung jawaban gue sebagai seorang suami kelak di akhirat,

    BalasHapus
  36. Makasih., artikel ini bagus bgt.,
    benar sekali., satit hati itu rasanya sakit luar biasa.,efeknya mengganggu kuliahku smpe 2 thun., smpai akhirnya Allah yg buat aku sadar., gk ada yg perlu diperjuangkan lagi,cinta yg salah n terpuruk. cinta sejati krena Allah, n InsyaAllah gak akn menyakitkan., masa depan harus diraih., Allah memberikan hidup bkan untuk ''meratapi cinta''.,Allah memberikan hidup karena Allah mencintai kita.,n cinta kita pada-Nya

    BalasHapus
  37. AssaLamuaLaikum.
    Izin ambiL backsoundnya ya.

    BalasHapus
  38. terima kasih mbak... pas dengan suasana hati saya saat ini...

    BalasHapus
  39. ku serahkan semuanya pd alloh, karena rencananya lebih indah.

    BalasHapus
  40. Astaghfirullah hal adzim.... (buknx ane pernah bermaksiat ya.. -_- ) hhmhmhm hanya saja saya heran, semua point d'atas emang benar & bagus2 semua, tapi kenapa ya h*ti ini msih terasa tersiksa, padahal semua point d'atas sudah di coba, andai aku bisa seperti teman2 sekalian, yang bisa tiba2 merasa lapang setelah baca obat2an yang tadi

    BalasHapus
  41. Astaghfirullah hal adzim.... (buknx ane pernah bermaksiat ya.. -_- ) hhmhmhm hanya saja saya heran, semua point d'atas emang benar & bagus2 semua, tapi kenapa ya h*ti ini msih terasa tersiksa, padahal semua point d'atas sudah di coba, andai aku bisa seperti teman2 sekalian, yang bisa tiba2 merasa lapang setelah baca obat2an yang tadi

    BalasHapus
  42. luar biasa..insyaallah brmanfaat

    BalasHapus
  43. saya kesulitan mengikhlaskan si dia, ada yg bisa kasih arahan,? jazakumulloh,,

    BalasHapus
  44. smw yg comen kan kbnyakan udh prnah ngalamin patah hati..knapa kita gk saling mncoba mngobati aja..sapa tau ada yg cocok..ya nggkk....??heheh..:-)

    BalasHapus
  45. tulisan yang anda tuliskan bermanfaat, namun bagaimana melakukan hal tersebut diatas... ketika dalam doa kita berhajat dan berpasrah... disatu sisi kita berhajat/berkeinginan namun disisi lain kita berpasrah.... kedua hal tersebut terkadang membuat hati bimbang ketika melakukan keikhlasan dengan kepasrahan sepenuhnya... mohon pencerahannya.... ane cuman nubie gan

    BalasHapus
  46. bner bgt...
    bermanfaat sekali ni...
    mnambah smangat hdup...!!!!

    BalasHapus
  47. alhamdulillah.. makasih teman :)

    BalasHapus
  48. Subhanallah....bermanfaat luar biasa... :)

    BalasHapus
  49. Subhanallah.....bermanfaat sekali :) terimakasih banyakkk

    BalasHapus
  50. menarik.........
    untung sempat kebaca.... hampir bunuh diri sya hhhmmmm...... allhamdulilah.. sya sadar skrg mu perbaiki semu kesalahn sya.

    BalasHapus
  51. Artikelnya bagus, bertahan mulai dari tahun 2010..cukup menambah semangat agar bisa lebih baik..
    makasi nasehatnya ukh..
    bismillah, saya coba semangat lagi...:)

    BalasHapus
  52. Bagus artikelnya :)
    terima kasih banyak ..
    semangat lagi :)

    BalasHapus
  53. Semangat lagi karena Allah ,
    Allah lebih tau yang terbaik buat saya :')
    Alhamdulillah :)

    BalasHapus
  54. aku tau rasanya memperjuangkan cinta... sakit hati memang bisa bikin terpukul banget, tapi dari situlah kita harus sadar dan belajar... Allah telah memberikan petunjukNya, mana yang diijinkan dan mana yang tidak diijinkanNya..
    melihat kejadian sebagai pengalaman, dan pembelajaran.. bukan untuk saat ini tetapi untuk dikemudian hari.. bahwa Allah telah menyaadarkan bahwa sesuatu itu apabila diteruskan maka akan menjadi hal yang buruk bagi kita yang tidak menyadarinya..

    terima kasih artikelnya. :) pembuka pikiran banget buat aku.. :D

    BalasHapus
  55. Subhanallah .. Cerita ny bagus lucu lg .. Setidak nya hati ane uda agaan sembuh nih .. Walaupun masih sulit tuk bisa melupakanya.. Jjajakalhu khiran

    BalasHapus
  56. Alhamdulillah bermanfaat sekali isi artikelnya. Terimakasih

    BalasHapus