Monday 10 May 2010

Derajat Bacaan Al Qur'an

artikel singkat tentang "Derajat Bacaan Al Qur'an"
semoga bermanfaat....

Dalam membaca Al Qur’an sesuai standar tajwid dapat memilih jenis-jenis bacaan yang tergolong dalam derajat-derajat membaca Al Qur’an sebagaimana uraian di bawah ini:

1.Tahqiq
Bacaannya lambat atau perlahan yang lebih fokus dalam membetulkan bacaan huruf dari makhraj atau sifatnya, menepatkan kadar bacaan mad dan dengung. Tingkatan bacaan tahqiq ini biasanya bagi mereka yang baru belajar membaca Al Quran supaya dapat melatih lidah menyebut huruf dan sifat huruf dengan tepat dan betul.


2.Hadr
Bacaan yang cepat seraya memelihara hukum-hukum bacaan tajwid. Tingkatan bacaan hadar ini biasanya bagi mereka yang telah menghafal Al Quran, supaya mereka dapat mengulang bacaannya dalam waktu yang singkat atau bagi qori yang sedang mengkhatamkan Al Qur’an.


3.Tadwir
Bacaan yang tidak terlalu pelan dan tidak terlalu cepat (antara tingkatan bacaan tahqiq dan hadar) serta memelihara hukum-hukum tajwid.


4.Tartil
Bacaannya perlahan-lahan, tenang dan melafalkan setiap huruf dari makhrajnya secara tepat, menerapkan hukum-hukum bacaan tajwid dengan sempurna, merenungkan maknanya dan disertai ghayah/lagu yang bagus.

No comments:

Post a Comment