Wednesday 9 June 2010

al qur'an ''q s .al baqarah''

aku berlindung dari godaan shaithon yg terkutuk''
degan meyebut nama allah yg maha penggasih lagi penyang,
segala puji bagi allah tuhan semeta alam''
ya allah limpahkan lah rahmat kepada nabi muhammad saw,
dan keluarga beliau,dan para sahabat beliau'

أعُوذُبالله مِنَ السّيطَانِ الرّجيم"
aku berlindung dari godaan shaithon yg terkutuk''
بِسم اللهِ الرَّحمَنِ الرَّحِيمِ"
degan menyebut nama allah yang maha pemurah lagi maha penyang"
الم"
1; alif laam miim 10).
ذَلِكَ الْكِتَبُ لاَرَيبَ "فِيهِ"هُدًىلِّلمُتَّقِينَ
"
2; kitab 11) (al qur'an)ini tidak ada keraguaan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa 12),
اْلَّدِينَ يُؤمِنُون باِلْغَيبِ وَيُقِيمُونَ اْلصَّّلَوةَ وَمِمّاَ رَزَقْنَهُمْ يُفَقُونَ"
3; yaitu mereka yang beriman 13) kepada yang gaip 14),yang mendirikan shalat 15),dan menafkahkan sebahagian rezqi 16) yang kami anugrahkan kepada mereka,
"keterangan"
10). Ialah hurup ? abjat yg terletak pada permulaan sebagian dari surat? Al qur'an seperti;alif laam miim,alif laam ra,alif laam miim shood dan sebagainya.
Di antara ahli? Tafsir ada yang menyerahkan pegertian kepada allah karena dipandang termasuk mutasyaabihat,dan ada pula yang menafsirkannya.golongan yang menafsirkannya ada yang memandangnya sebagai nama surat,dan ada pula yang berpendapat bahwa huruf? Abyat itu gunanya untuk menarik perhatiaan para pendegar supaya memperhatikan al qur'an itu.dan untuk mengisyaratkan bahwa al qur'an itu diturunkan dalam bahasa arab yang tersusun dari huruf? Abjad.
Kalau mereka tidak percaya bahwa al qur'an diturunkan dari allah dan hanya buatan muhammad s.a.w. semata-mata,maka cobalah mereka buat semacam al qur'an itu.
11). Tuhan menamakan al qur'an degan al kitab yang disini berarti''yang ditulis'',sebagai isyarat bahwa al qur'an diperintahkan untuk di tulis.
12). Taqwa yaitu memelihara diri dari siksaan allah degan mengikuti segala perintah nya ;dan menjahui segala larangan nya
;tidak cukup di artikan degan takut saja.
13). iman ialah kepercayaan yang teguh yang disertai degan ketundukan dan penyerahan jiwa .
Tanda-tanda adanya iman ialah mengerjakan apa yang dikehendaki oleh iman itu.
14). Yang gaib ialah yang tak dapat ditangkap oleh pancaindra.percaya kepada yang gaib yaitu ,meng-I'tikadkan adanya sesuatu "yang maujud" tak dapat ditangkap oleh pancaindra,karena ada dalil yang menunjukkan kepada adanya,seperti ;adanya allah ,malaikat-malaikat,hari akhirat dan sebagainya.
15). Shalat menurut bahasa'arab;do'a.menurut istilah syara' ialah ibadat yang sudah dikenal,yang dimulai takbir dan disudahi degan salam ,yang dikerjakan untuk membuktikan pengabdian dan kerendahan diri kepada allah.mendirikan shalat ialah menuaikan degan teratur,degan melengkapi syarat-syatar,rukun-rukun dan adab-adabnya,baik yang lahir ataupun yang batin ,seperti khusyu' ,memperhatikan apa yang dibaca dan sebagainya.
16). Rizki; segala yang di ambil manfa'atnya.menafkahkan sebagian rizki ,ialah memberikan sebagian harta yang telah di rezkikan oleh allah kepada orang-orang yang disari'atkan oleh agama memberinya,seperti orang orang fakir,orang orang miskin,kaum kerabat ,anak anak yatim dan lain lain.
وَالّذِ ينَ يُؤمِنُوبِمَاأنزِلَ إلَيْكَ وَمَاأنزَل َمِن قبْلِكَ وَبِا لاَْ خِرَ ةِهُمْ يُوقِنُونَ"
4;. dan mereka yang beriman kepada kitab (al qur'an) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu 17) ,serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat 18).
أُوْلَئِكَ عَلَى هُدًىمّنَ رَّ بِّهِمْ , وَأُ وْلَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ"
5;. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari tuhan mereka ,dan merekalah orang-orang yang beruntung 10).
"keterangan"
17). Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelum muhammad s.a.w. ialah kitab-kitab yang diturunkan sebelum al qur'an seperti ;taurat,zabur,injil dan shuruf-shuruf yang tersebut dalam al qur'an yang diturunkan kepada para rasul ,allah menurunkan kitab kepada rasul ialah degan memberikan wahyu kepada jibril a.s. lalu jibril menyampaikan kepada rasul.
18). Yakin ialah kepercayaan yang kuat degan tidak dicampuri keraguan sedigitpun .akhirat lawan dunia.
Kehidupan akhirat ialah kehudupan sesudah dunia berakhir.
Yakin akan adanya kehidupan akhirat ialah benar-benar percaya akan adanya kehidupan sesudah dunia berakhir.
19). Ialah orang orang yang mendapat apa-apa yang dimohonkan-nya kepada allah sesudah mengusahakan-nya.
إنَّ الَّذِ ين كَفَرُواسَوآءٌعَلَيْهِمْ ءَأَنذَ رتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِهُمْ لاَ يُؤمِنُونَ"
6;. Sesungguhnya orang-orang kafir ,sama saja bagi mereka,kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan ,mereka tidak akan beriman.
خَتَمَ اللهُ عَلىَ فُلُوبِهِمْ وَعلىَ سَمْعِهِمْو, وَعَلىَ أَبْصَرِهِمْ غِشَوَةٌ, وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيْمٌ"
7;. Allah telah mengunci-mati hati dan pengdegaran mereka 20),dan penglihatan mereka ditutup 21).dan bagi mereka siksa yang amat berat.
وَمِنَ النَّا سِ مَن يَقُلٌو لُءَامَنَّا باللهِ وَبِالْيَومِ الأَخِرِ وَمَاهُمْ بِمٌؤْمِنِيْنَ"
Di antara manusia ada yang mengatakan ;"kami beriman kepada allah dan hari kemudian "22),pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang beriman .
"keterangan"
20). Yakni orang itu tidak dapat menerima petunjuk ,dan segala macam nasehatpun tiddak akan berbekas padanya.
21). Maksudnya ;mereka tidak dapat memperhatikan dan memahami ayat ayat al qur'an yang mereka degar dan tidak dapat memgambil pelajaran dari tanda tanda kebesaran allah yang mereka lihat di cakarawala,di permukaan bumi dan pada diri mereka sendiri.
21). Hari kemudian ialah; mulai dari waktu makhul dikumpulkan di padang mahsyar sampai yang tak ada batasnya.

No comments:

Post a Comment