Sunday 1 January 2012

MABUK CINTA



Bismillahirrahmanirrahim..
Khalifah Al makmun pernah bertanya kepada Yahya bin Aktsam.
” Wahai yahya,apa itu mabuk cinta ??”
Yahya bin Aktsam menjawab.
“  Momen-momen indah yang datang pada seseorang,lalu hatinya tertambat padanya dan jiwanya ikut terpengaruh.”
Lantas Khalifah Al makmun lantas bertanya pada tsumamah bin Asyras.
” Bagaimana menurutmu??”
Tsumamah menjawab.
” mabuk cinta adalah sahabat yang menyenangkan,teman yang mesra,pejabat yang lembut berjalannya,gerakannya samar namun pasti. Dia menguasai hati dan jiwa,akal dan segala persepsinya. Dia memeiliki kemampuan untuk di taati. Kekuatannya mampu untuk menutupi mata dan membutakan hati “.

Lalu Khalifah Al Makmun berkata. ” Engkau benar wahai tsumamah “

=======================
Seorang yang mabuk cinta sebenarnya tersiksa dengan berbagai kondisinya.  Tak ada yang salah dengan cinta,tapi dengan cinta yang
memabukkan bisa jadi kondisinya sama dengan kondisi para pemabuk minuman keras ( Khomr).na datangnya sangat merusak jika sudah mencapai hati. Dan kondisi ini tak membuat nyaman sipemabuk karna selalu memikirkan cinta.
Kita ingat kisah Nabi yusuf,Para wanita memotong jari jemarinya ketika melihat ketampanan Nabi Yusuf. Atau ingatkan kita tertuju pada wanita yang bernama Zulaikha,yang di mabuk cinta oleh ketampanan Nabi Yusuf sehingga melakukan berbagai cara.Bahkan ada cerita menarik dari seorang wanita pemabuk cinta. Ketika melihat ketampanan Mush’ab bin Zubair ,wanita itu langsung haid. Karna konon wajahnya bak meteor yang menerangi kegelapan malam dengan cahayanya.Mabuk cinta memang tak selamanya di kuasain seorang kekasih dengan kekasihnya. Tapi hanya dengan pandangan pertama seseorang cukup untuk menanam benih cinta,itu lah kenapa kita hendaknya menjaga pandangan kita agar benih cinta dari mata tak melebar hingga maksiat.
Biasanya orang yang sedang di mabuk cinta dia akan berubah menjadi seorang penyair,pujangga,tiap katanya puitis. Bahkan ketika pemabuk sudah menjalar ke akalnya.
Kata imam syafii,kalo mabuk cinta sudah menjalar maka kata-kata yang teratur bercampur dengan kata-kata yang kacau,serta terbukanya semua rahasia yanh semestinya tertutup.

Jelaslah mabuk membuat perkataan menjadi kacau,perilaku jadi tak terkontrol,sehingga menyebabkan kemaksiatan yang seharusnya kita kontrol sebelum menjalar.

” Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya,maka sesungguhnya surgalah tempat tinggalnya ” ( An Naaziaat 40-41 )

Sahabat,jika kita sudah tahu akan datangnya mabuk cinta,segera lah alihkan mabuk cinta kita pada AllOh Azza Wa Jalla. karna tak ada seorang makhlukpun yang bisa menyamai cinta kita padaNya dan tentu pada RosulNya.

Khamr ( Arak ) adalah minuman bagi tubuh,sedangkan cinta adalah santapan bagi jiwa. Keduanya mampu memabukkan jiwa dan raga. Jika seorang yang mabuk khamr tidak dapat di benarkan,bagaimana dengan para pemabuk cinta??
” Demi umurmu Muhammad,sesungguhnya mereka terombang-ambing di dalam kemabukan (kesesatan ) ” ( Al Hajr 72 )

Wallahu’alam bi Showwab.

No comments:

Post a Comment