Wednesday 1 August 2012

PROGRAM SUKSES BERSAMA RAMADHAN

Sahabat, Alhamdulillah tanpa terasa kita telah berada di depan PINTU GERBANG BULAN KEMULIAAN yang didalamnya terdapat SEGALA BENTUK ENERGI KESUKSESAN, Energi Sukses Menghapus Segala Dosa , Energi Sukses Meraih, mensucikan dan mengabadikan Harta, Energi Sukses menahan nafsu menundukkan mata, Energi Sukses terbebas dari segala bentuk Krisis dan Siksa, Energi Sukses meraih Cita dan Cinta. Lalu apa saja yang harus kita lakukan agar kita SUKSES BERSAMA RAMADHAN :

1. TAU ILMU PUASA, inilah hal-hal penting minimum yang harus kita ketahui supaya Puasa kita Syah dan tidak asal-asalan :

a) Syarat wajibnya puasa yaitu: (1) islam, (2) berakal, (3) sudah baligh dan (4) mengetahui akan wajibnya puasa yaitu : 1) Sehat, tidak dalam keadaan sakit.(2) Menetap, tidak dalam keadaan bersafar. 3) Suci dari haidh dan nifas.

b) Rukun puasa adalah menahan diri dari berbagai pembatal puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari


c) Pembatal Puasa : 1. Makan minum dengan sengaja, 2. muntah dengan sengaja, 3. Datang Haidh atau nifas, 4. Sengaja orgasme, 5. Niat membatalkan puasa, 6. Bersetubuh saat waktu puasa.


d) Sunah-Sunnah Puasa : 1. Mengakhirkan sahur / boleh sahur saat waktu imsak 2. Menyegerakan berbuka, 3. Berbuka dengan korma dan air, 4.memperbanyak sedekah dan ibadah.


e) Puasa Yang Sia-Sia : 1.Berdusta, 2.berkata kotor dan tak berguna, 3.Melakukan segala bentuk perbuatan maksiat.

f) Yang dibolehkan ketika Puasa : 1. Mandi junub waktu Fajar karena ketiduran, 2.bersiwak, 3. Berkumur-kumur dan membersihkan hidung, 4. Mencium istri ala kadarnya, 5.bekam atau donor darah, 6. Mencicipi makanan hanya diujung lidah, 7. Pakai celak dan tetes mata, 8. Mandi menyiram kepala, 9. Menelan dahak, 10. Muntah tidak sengaja, 11. Makan, minum, bersetubuh tapi lupa sedang puasa.

g) Yang boleh tidak berpuasa : 1.sakit yang mengharuskan minum obat, 2.bepergian yang melelahkan, 3. Wanita hamil dan menyusui, (1,2,3 harus mengganti puasanya diluar Ramadhan ) , 4. tua renta lemah atau sakit yang tak kunjung sembuh (harus membayar Fidyah = harus dirupakan makanan dan diberikan kepada orang miskin, kalaupun berupa uang harus segera dibelikan makanan jadi senilai harga 3 kg beras atau Rp.25.000,- dibayarkan pada saat masih dalam bulan Ramadhan)


h) Zakat Fitrah : Wajib bagi setiap muslim yang masih hidup sampai akhir ramadhan dan mampu membayar, harus berupa beras senilai Rp.2,5kg atau kalau berupa uang senilai Rp.25.000,- harus segera dirupakan beras ketika itu juga )


i) Sholat tarawih : 1.Waktu : setelah sholat isya’ sampai menjelang shubuh, 2.Jumlah Rakaat : 11 rakaat dengan salam setiap dua rakaat dan istirahat setiap 4 rakaat, berjama’ah bersama imam.


j) I’tikaf : 1.tempatnya dimasjid, 2.lama I’tikaf tidak dibatasi, 3. Berupaya menghidupkan 10 malam terakhir bulan ramadhan untuk meraih malam 1000 bulan / Lailatul Qodar




PUASA 24 JAM ?= Sahabat sering kita hanya mengartikan Puasa hanyalah menahan lapar dan haus mulai terbit Fajar hingga terbenamnya Matahari yang kurang lebih 14 Jam. Itu hanyalah Puasa Lahiriyah yang wajib kita lakukan namum PUASA RUHIYAH = Menahan Gejolak Hawa Nafsu untuk Tidak Bermaksiat dalam bentuk apapun tidak bisa hanya kita lakukan dalam 14 Jam tetapi harus 24 Jam mulai dari menahan pandangan mata dari segala yang menimbulkan Syahwat, menahan tangan dari menyakiti dan menyulut birahi, menahan kaki dari melangkah ke tempat yang keji, menahan Mulut dari amarah dan gosip yang menusuk hati, dan segala perbuatan yang membuat Allah SWT gak suka.



SHOLAT TARAWIH DI SEPERTIGA MALAM TERAKHIR = coba kita lihat fenomena Tarawih di Masjid-Masjid dan Musholla, Semarak di awal akhir-akhir bulan bubar, mengapa ? Sholatnya kurang asyik bahkan tidak berkualitas !, menghadap Sang Maha Pengampun seperti kita lomba lari siapa duluan dialah pemenangnya. Padahal Nabi dan para Sahabatnya melakukannya di sepertiga malam terakhir dengan kulaitas yang maksimal. Mengapa tidak kita coba lakukan saja di Rumah bersama Istri, anak, saudara dan Pembantu kita sebagai sarana Konsolidasi Spiritual agar Rumah Tangga kita semakin Kokoh di salah satu ruangan yang kita desain sebagai Masjid. Atau mengajak Ta’mir masjid terdekat untuk mengadakan Sholat Tarawih di tengah malam, kalaupun tidak memungkinkan carilah Masjid yang Sholat Tarawihnya termenej dengan baik, tertib dan tenang.


TADARUS AL-QUR'AN = ini sarana efektif Konsolidasi Spiritual Keluarga jika kita mau melakukan di Rumah bersama keluarga, undang Anggota Keluarga atau Guru Al-Qur'an yang punya kemampuan untuk membimbing selama Ramadhan, minimal sehari 1 Juz sehingga 1 Bulan Ramadhan kita khatam.


1. I'TIKAF 10 MALAM TERAKHIR = Apa yang terfikir oleh kita ketika hari telah mendekati HARI RAYA ? ya…BELANJA dan MUDIK ! , padahal saat-saat itulah KETENTUAN SUKSES RAMADHAN akan kita dapatkan dan PUNCAK PENGHARGAAN DIBERIKAN berupa LAILATUL QODAR. Harusnya Kita ajak keluarga kita ke Masjid yang Terbaik yang menyelenggarakan Program I'tikaf yang berkualitas. Nah supaya Akhir Ramadhan kita gak terganggu dengan acara Shooping & Mudik, sebaiknya sekarang ini puas-puasin pilih pakaian buat Lebaran dan Silaturrahim kepada Keluarga sekaligus kasih hadiah buat Ramadhan dan Lebaran itu jauh lebih baik.


UMROH AKHIR RAMADHAN, inilah enaknya kalo jadi orang kaya, bisa I’tikaf 10 Akhir Ramadhan di Haramain, masyaa Allah indahnya…..rugi banget kalo punya duit buat melancong kesana kemari, tapi gak nyempetin duduk didepan Ka’bah tengah malan di Akhir Ramadhan.


No comments:

Post a Comment