Wednesday 9 June 2010

Air Mata Penting bagi Kesehatan ^_^

Ada Gangguan, Fungsi Mata Bisa Terganggu

AIR mata yang keluar dari mata tak hanya diproduksi saat menangis maupun saat hati sedang gundah. Namun air mata memang dibutuhkan agar fungsi mata berfungsi secara optimal.

Jika ada gangguan dengan produksi air mata, itulah yang dinamakan keluhan mata kering (dry eye syndrome)? Itu salah satu keluhan mata yang diakibatkan berkurangnya produksi air mata dan atau berkurangnya kualitas air mata.

Menurut Kepala KSM Mata RSD Mattaher Jambi dr Kuswaya Waslan SpM, mata akan berfungsi secara optimal, di antaranya bila lapisan air mata yang menutupi permukaan mata dalam keadaan normal baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Kalau air mata tidak normal, fungsi air mata sebagai media optik, mengeluarkan debu/kotoran, menjaga kelembapan mata, adanya enzim-enzim untuk menetralisasi mikroorganisme dan fungsi suplai makanan terhadap kornea akan terganggu, yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan yang lebih lanjut dari mata. “Sehingga boleh dikatakan bahwa air mata berguna yang penting untuk kesehatan mata,” ujarnya kemarin.

Secara anatomi, air mata terdiri atas tiga lapisan. Lapisan pertama (lapisan musin) adalah lapisan yang menempel pada kornea, dihasilkan oleh sel goblet pada konjungtiva. Lapisan kedua di tengah lapisan akuos, yang dihasilkan oleh kelenjar lakrimal utama dan kelenjar lakrimal tambahan seperti kelenjar krause dan kelenjar wolfring yang terdapat pada fornik konjungtiva.

Lapisan ketiga atau paling atas adalah lapisan lemak yang dihasilkan oleh kelenjar meibomian dan kelenjar zeis. Secara normal ketiga lapisan itu homogen dan kuat sekali perlengketannya. “Tetapi kalau ada sesuatu pengaruh yang menyebabkan lapisan-lapisan tersebut terganggu, keluhan mata kering akan terjadi,” ujarnya.

Gejalanya, mata terasa berat, panas, seperti ada benda asing, penglihatan buram, terasa mengganjal, dan yeri. Keluhan tersebut tegantung derajat keparahan mata kering. “Keluhan tersebut biasanya terjadi kalau mata digunakan terus-menerus atau pada kondisi lingkungan panas, berangin, dan kelembapan yang rendah,” jelasnya.

Untuk memeriksa dan menilai lapisan air mata, bisa dilakukan pemeriksaan schirmer untuk melihat produksi air mata; pemeriksaan break-up time untuk memeriksa lapisan air mata lapisan lemak; dan pemeriksaan rose bengal untuk memeriksa lapisan air mata lapisan musin.

Lalu apa penyebabnya? Penyebab dari mata kering ada beberapa. Pertama, proses normal karena faktor usia, biasanya terjadi pada wanita berumur sekitar 40 tahunan yang disebabkan fluktuasi hormonal atau pada wanita mau menopause.

Kedua, karena efek samping dari penggunaan obat-obatan seperti antihistamin/antialergi, antidepresi, obat darah tinggi, obat parkinson, dan obat pil keluarga berencana.

Dapat juga karena seseorang menderita penyakit seperti lupus, rheumatoid arthritis, sjogren sindroma. Kemudian bisa juga karena tidak sempurnanya penutupan kelopak mata, seperti pada penderita hipertiroid, bels palsy, tumor pada kelopak mata.

Selanjutnya bisa muncul jika ada penyakit mata seperti blepharitis/ radang kelopak mata, ptrerygiun. Kemudian akibat pekerjaan seperti bekerja pada ruangan ber-AC, kurangnya mata berkedip.

Keadaan lain, hidup atau tinggal di lingkungan kering, berdebu dan banyak angin, penggunaan lensa kontak yang lama, penggunaan obat tetes mata yang mengandung bahan pengawet seperti thimerosal dan benzalkonium klorida. “Pada penelitian terakhir, akibat merokok,” tambahnya.(*)



Air mata dan Manfaatnya by SabilaRosyad

Harun Yahya pernah mengatakan pada tulisannya tentang ”MIRACLE OF EYE” bahwa Tears are perfect eyedrops. Banyak orang yang mengira bahwa air mata kita adalah hanya sekedar cairan yang mengalir apabila kita menangis. Padahal sebenarnya, air mata adalah cairan ciptaan Allah yang sangat bervariasi kandungan dan fungsinya. Subhanallah.

Airmata melindungi mata dari kuman dan mengandung Lyzosime yang dapat membunuh berbagai macam mikroba. Lyzosime ini sendiri adalah zat desinfektan yang lebih keras dari zat-zat kimia yang digunakan untuk mendesinfeksi seluruh tubuh
Subhanallah, marilah kita berhenti sejenak untuk berfikir. Bagaimana mungkin, mata yang merupakan organ yang sangat halus, dapat ”tahan” dengan kandungan zat kimia sekeras Lyzosime tersebut tanpa menimbulkan iritasi dan lain sebagainya. Jawabannya sudah sangat jelas, bahwa ini adalah salah satu bukti penciptaan Allah SWT.

Katakanlah. ”Adakah kamu perhatikan sekutu-sekutu kamu yang kamu seru selain dari Allah? Perlihatkanlah kepada-Ku apakah yang mereka telah ciptakan di bumi, ataupun mereka berserikat dalam penciptaan langit? Ataukah Kami telah memberikan Kitab kepada mereka, lalu mereka mendapatkan keterangan-keterangan yang jelas daripadanya? Bahkan orang-orang zalim itu tidak menjanikan sebahagian terhadap sebahagian yang lain melainkan tipu daya. (QS. Faathir : 40)

Lapisan air mata sendiri terdiri dari tiga lapisan yaitu : Lapisan minyak, Lapisan air dan Lapisan Lendir. Lapisan minyak merupakan lapisan terluar yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar kecil pada pinggir kelopak mata yang bernama kelenjar Meibom. Fungsi dari lapisan minyak ini adalah untuk melicinkan permukaan mata dan mengurangi penguapan air mata.

Lapisan minyak merupakan lapisan terluar yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar kecil pada pinggir kelopak mata yang bernama kelenjar Meibom. Fungsi dari lapisan minyak ini adalah untuk melicinkan permukaan mata dan mengurangi penguapan air mata. Lapisan minyak merupakan lapisan terluar yang dihasilkan. Lapisan air merupakan lapisan tengah yang dihasilkan oleh sel sel yang tersebar pada konjungtiva (selaput bening mata). Lapisan ini berfungsi membersihkan mata dan mengeluarkan benda-benda asing ataupun iritan yang masuk ke dalam mata. Lapisan terdalam adalah lapisan lendir. Lapisan ini membantu agar air mata tersebar rata pada permukaan mata dan membantu agar mata tetap lembab.

Pada sebagian orang, ternyata air mata tidak tersedia dalam jumlah yang cukup untuk menjaga agar mata tetap lembab dan nyaman. Pada orang-orang ini akan dirasakan gejala seperti mata panas, nyeri, berlendir, dan mudah teriritasi.

Pengurangan jumlah air mata ini dapat disebabkan oleh meningkatnya usia, terutama setelah menopause. Mata kering dapat pula terjadi berkaitan dengan penyakit radang sendi. Selain itu, mata kering dapat juga disebabkan oleh penggunaan berbagai obat seperti obat-obatan hipertensi, obat-obatan KB maupun obat anti alergi

Nah, dasar dari penanggulangan mata kering ini adalah pemberian air mata buatan. Tetes air mata buatan ini dapat digunakan sebagai pelumas mata dan menggantikan lapisan air mata yang hilang. Air mata buatan ini dapat dipakai sesering mungkin bergantung pada gejala yang dirasakan.

Pada penderita yang derajat mata keringnya lebih parah, dapat dilakukan penyumbatan pada saluran air mata, sehingga air mata tidak keluar melalui saluran ini dan mata lebih lembab. Bagi para pengguna komputer, karena pancaran radiasi komputer dan akomodasi berlebihan karena komputer, disarankan untuk menetesi mata dengan air mata buatan setiap 4-5 jam sekali dan melakukan RULES OF 20

Apa itu RULES of 20?
Yaitu setiap 20 menit dihadapan komputer, pejamkan mata selama 20 detik atau lemparkan pandangan ke arah jauh (minimal 20 feet) .Hal ini untuk memberi kesempatan pada otot mata agar istirahat dari akomodasinya, dan juga memberi kesempatan berkedip ( menutup mata) agar lapisan air mata dapat terbentuk.

Dokter akan mendeteksi kekeringan air mata ini dengan berbagai macam tes dan alat. Pada stadium awal, penyakit mata kering (DRY EYE SYNDROME) ini sama sekali tidak berbahaya, namun pada fase yang lanjut (sangat kering) dapat menimbulkan kerusakan serius di bola mata.

No comments:

Post a Comment