Sunday 14 October 2012

Simpati Karena Amal Ibadah


Bismillah.
Prolognya adalah sebuah kisah dari seorang ikhwan yang sekarang sudah berkeluarga :
Pernah ada seorang ikhwan ikut prajabatan CPNS. Dan saat tsb juga diikuti oleh CPNS yang lain, ada yang laki ada pula wanita. Semuanya menginap dalam sebuah tempat diklat yang sama. Sering pula terjadi rasa kecocokan dan ketertarikan diantara para peserta yang mengakibatkan adanya pasangan yang menikah setelah selesai prajabatan.
Kebetulan ikhwan yang satu ini emang tingkahnya ngocol dan slebor. Cuek dan nyantai aja, juga kerjanya ngegodain akhwat (suka tebar pesona). Padahal mah si ikhwan kaga ada gantengnya pisan euy. Tingkahnya slebor, cuek, rada bergajul, kaga cakep pula. Tapi herannya saat prajabatan CPNS itu bisa sampai ada 4 akhwat kena serangan ketertarikan gara-gara si ikhwan.
Salah satu akhwat tsb adalah seorang aktivis tarbiyah dan aktivis masjid di kantor, dimana akhwat tsb banyak mendapat tawaran ta’aruf dari para ikhwan lain namun selalu ditolak secara halus. Terang aja hal ini membuat “geger”.
Dan si akhwat yang aktivis ini punya teman seorang ikhwan yang juga aktivis tarbiyah dan masjid. Dimana ikhwan ini pernah menawarkan 3 orang ikhwan untuk berta’aruf dengan si akhwat namun ditolak semua dengan halus.
Si ikhwan yang aktivis masjid ini menemui ikhwan penyebab ketertarikan tadi dan coba mengukur kapasitas pengetahuan keagamaannya. Namun dalam dialog yg didapatkan malah jawaban2 aneh dari ikhwan penyebab ketertarikan. Ikhwan aktivis makin heran, “Kok bisa akhwat temanku kesengsem sama pria tengil macam begini??”.
Akhirnya para akhwat lain yang ikut coba menyelidiki penyebab ketertarikan . Mereka curiga jangan2 ke-4 akhwat tsb mengalami gangguan pada matanya, sehingga ga bisa melihat jelas si ikhwan yang slebor ini.
Ketika saat penyelidikan dimulai, ternyata semua keempat akhwat tsb menjawab dengan alasan yang sama. Dn jawaban si akhwat aktivis masjid lah yang paling mewakili semuanya. Si akhwat bercerita bahwa ikhwan tsb emang kalo sepintas saat diamati ketika berinteraksi dalam lingkungan memang terlihat slebor, jahil, dan ngocol. Ga ada tampang alimnya sama sekali. Tapi saat malam pernah si akhwat sedang terbangun karena ingin sholat tahajjud, dia menuju kamar mandi untuk berwudhu sambil melintasi kamar si ikhwan.
Kebetulan ikhwan tsb memang tinggal sendiri di kamar tsb, tanpa ada pasangan (teman sekamar) seperti peserta prajabatan lainnya. dan saat melintas di depan kamar si ikhwan, terlihat lampu kamar menyala dan terdengar lantunan ayat suci Al Quran disertai suara tangis sesenggukan. Nampaknya si ikhwan sedang tadarus.
Si akhwat berhenti sejenak mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran yang walau tidak merdu, namun karena diucapkan dengan penuh kesungguhan hati dan tumpahan rasa haru, membuat dinding hati si akhwat jadi bergetar. Sekembalinya dari kamar mandi yang terdengar adalah lantunan dzikir yang sendu, syahdu, dan penuh dengan emosi cinta yang meluap. Terkadang lantunan yang terdengar berupa shalawat.
Si akhwat pun kembali ke kamarnya sambil membawa sebuah rasa yang tertinggal. Pada saat menjelang subuh, seorang akhwat lain juga terbangun menuju kamar mandi dan mendengar hal yang sama. Lantunan itu baru berhenti saat azan subuh berkumandang. Keempat akhwat tsb semuanya pernah mengalami hal tsb selama prajabatan tanpa satupun pernah berpapasan di depan kamar si ikhwan.
Bahkan sampai akhirnya si akhwat aktivis masjid pun memberanikan diri untuk mengajak ta’aruf si ikhwan.
Si ikhwan yang ga tau kalo kebiasaan tengah malamnya sudah diketahui oleh akhwat tsb sempat terbengong2 dan lalu menjawab dengan santai bin ngocol. Dia bilang mungkin si akhwat terlalu terburu-buru dan salah lihat orang, sebab si ikhwan merasa ga ada hal lebih dari dirinya.
“Saya ini brengsek iya, dan jelas ga ada alim2nya sama sekali. Apalagi soal tampang, hancur lebur begini. Apa ukhti ga salah pilih orang untuk jadi imam? Ntar kalo salah pilih mah bisa fatal tuh.” kata si ikhwan.
Si akhwat menjawab dengan tenang “Ana yakin akhi cuma pura2 saja bergajulan. Ana tau kok kebiasaan akhi tengah malam. Saat dimana semua orang asyik tidur, akhi malah asyik masyuk berduaan dengan Allah” Si ikhwan berlagak pilon dan bilang “kebiasaan apa nih ukhti ? pasti deh salah orang. Saya cuma tidur kalo malem”.
Namun si ukhti membalas cepat “Udah deh, akhi ga usah menghindar dan pura2. apa mau jadi seorang pendusta??” Diam deh si ikhwan ga berani ngebohong lagi.
Mendengar hasil penuturan si akhwat aktivis masjid, para akhwat lain cuma bengong berjama’ah… Masa iya ada pria bergajulan wal slebor di luarnya dan kemana2 selalu senang make jeans dan jaket ketimbang baju koko, tapi tahajjudnya tiap malem ga putus2.
Wallahu a‘lam bishshowab.

No comments:

Post a Comment