Sunday 14 October 2012

Naungan Allah ketika Hari Akhir


Bismillah.
Hari kiamat adalah hari dimana alam semesta dihancur leburkan oleh Allah. Api, air, angin, batu… Semua benda menjadi senjata Allah untuk meluluhlantakkan alam semesta. Setelah itu manusia dikumpulkan di padang Mahsyar untuk kemudian dihisab amal perbuatannya dan ditentukan tempat kembalinya yaitu surga atau neraka. Tidak ada lagi tempat bernaung kecuali naungan-Nya dan hanya ada tujuh golongan manusia yang akan dinaungi Allah pada saat itu.
Dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: Pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dengan ibadah kepada Allah (selalu beribadah), seseorang yang hatinya bergantung kepada masjid (selalu melakukan shalat berjamaah di dalamnya), dua orang yang saling mengasihi di jalan Allah, keduanya bertemu dan berpisah karena Allah, seseorang yang diajak perempuan berkedudukan dan cantik (untuk berzina), tapi ia mengatakan: “Aku takut kepada Allah”, seseorang yang diberikan sedekah kemudian merahasiakannya sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang dikeluarkan tangan kanannya, dan seseorang yang berdzikir (mengingat) Allah dalam kesendirian, lalu meneteskan air mata dari kedua matanya.” (HR Bukhari)
Tujuh golongan itu adalah:
1. Imam yang adil. Seorang pemimpin dambaan umat yang mengutamakan kepentingan umatnya daripada dirinya sendiri. Seorang pemimpin yang memerintah dengan berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Al-Hadits.
2. Pemuda yang senantiasa berusaha mendekatkan diri pada Allah SWT.
3. Hamba Allah yang hatinya senang berada di masjid dan selalu sholat berjamaah di masjid.
4. Dua orang yang saling mencintai karena Allah. Bertemu karena Allah, berpisah karena Allah. Saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.
5. Laki-laki yang dirayu dan digoda oleh wanita cantik dan kaya, tetapi menjawab dengan perkataan “aku takut kepada Allah”. Seorang manusia biasa yang juga memiliki keinginan untuk bermaksiat, namun rasa takutnya pada Allah telah mengalahkan keinginannya untuk bermaksiat. Laki-laki yang memiliki kualitas keimanan yang luar biasa sehingga mampu menahan hawa nafsunya.
6. Seseorang yang bersedekah dengan ikhlas dan hanya mengharapkan ridha-Nya.
7. Hamba Allah yang mengingat Allah dalam kesendirian kemudian menangis. Hamba Allah yang menangis karena selalu mengharapkan ridha-Nya dan takut akan azab Allah. Hamba Allah yang menangis karena dosa-dosa dan kekhilafan yang diperbuatnya.
Subhanallah.. Tujuh golongan itu.. Semoga kita termasuk dalam golongan tersebut. Amiin.
Wallahua’lam bisshawab.

No comments:

Post a Comment